**( بَابُ
المُبْتَدَاء)**
a. Pengertian Mubtada
)المُبْتَدَأُ هُوَ الإِسْمُ المَرْفُوْعُ العَارِى عَنِ العَوَامِلِ
اللَّفْظِيَّةَِ(
"Mubtada ialah isim
yang dirofakan yang kosong dari amil-amil bangsa lafadz".
Yang dimaksud dengan “kosong
dari amil-amil bangsa lafadz” adalah: Bahwa yang merofa'kan mubtada itu
bukan amil lafadz, seperti halnya kalau fa'il dan naib fa'il dirofakannya oleh
amil lafadz yaitu: fi'il mabni fa'il atau fi'il mabni majhul. Nah.. kalau
mubtada dirofakannya oleh amil ma'nawi yakni oleh ibtida atau permulaan kalimat
saja.
اِسْمٌ مَرْفُوْعٌ وَاقِعٌ
فِى اَوَّلِ الجُمْلَةِ
“Mubtada adalah isim
yang dirofakan yang terletak di permulaan jumlah”.
2. Khobar
)الخَبَرُ هُوَ الإِسْمُ المَرْفُوْعُ المُسْنَدُ اِلَيْهِ(
“Khobar ialah isim yang dirofa'kan yag disandarkan kepada
mubtada”.
اِِسْمٌ مَرْفُوْعٌ يُخْبِرُ
عَنْ حَالَةِ المُبْتَدَأِ
“Khobar ialah isim yang dirofa'kan yang memberitakan keadaan
mubtada atau yang terletak setelah mubtada”.
( نَحْوُ
قَولِكَ زَيْدٌ قَائِمٌ وَ الزَّيْدَانِ
قَائِمَانِ وَالزَّيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ )
Contoh:
الكِتَابُ مُهِمٌّ
“Kitab itu penting”
العِلْمُ نَافِعٌ
“Ilmu itu bermanfa'at”
Kata " الكِتَابُ" dan " العِلْمُ" adalah mubtada
karena isim yang dirofa'kan yang terletak pada formula'an jumlah. Mubtada dirofa'kan
dengan ibtida (karena jadi formula'an).
Sedangkan kata " مُهِمٌّ" dan kata" نَافِعٌ" adalah khobar,
karena isim yang dirofa'kan yang memberitakan keada'an mubtada atau terletaknya
setelah mubtada. Contoh yang lain:
- الدَّرْسُ سَهْلٌ -
الوَلَدُ الَّذِى اِشْتَرَكَ فِى الإِمتِحَانِ نَاجِحٌ
- المَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ
b. Persesuaian antara mubtada dan khobar
Antara mubtada dan khobar harus sesuai di dalam hal-hal sebagai
berikut:
a.
Di dalam mufrodnya
b.
Di dalam tasniyahnya
c.
Di dalam jama'nya
d.
Di dalam muannats dan mudzakarnya
Dan Mubtada harus terdiri dari isim ma'rifat.
- Contoh Mubtada yang terdiri dari mufrod mudzakar, tasniyah, jama
mudzakar.
مُحَمَّدٌ عَالِمٌ - مُحَمَّدانِ عَالِمَانِ - مُحَمَّدُوْنَ عَالِمُوْنَ
- Contoh mubtada khobar yang terdiri dari mufrod muannats,
tasniyah dan jama.
فَاطِمَةٌ عَالِمَةٌ - فَاطِمَتَانِ عَالِمَتَانِ - فَاطِمَاتٌ عَالِمَاتٌ
- Contoh yang terdiri dari jama yang tidak berakal.
الكُتُبُ مُهِمَّةٌ - المَدَارِسُ
كَبِيْرَةٌ
الكُتُبُ مُهِمَّاتٌ - المَدَارِسُ
كَبِيْرَاتٌ
- Contoh jama' taksir yang berakal.
الرِّجَالُ قَائِمُوْنَ - النِّسَاءُ
قَائِمَاتٌ
Kalau mubtada terdiri dari jama' yang tidak berakal, maka boleh
khobarnya terdiri dari mufrodah muannatsah atau jama muannats. Sebagaimana pada
contoh no 3
a.Pembagian Mubtada
(وَالمُبْتَدَاُ
قِسْمَانِ: ظَاهِرٌ وَمُضْمَرٌ. فَالظَّاهِرُ مَا تَقَدَمَ ذِكْرُهُ. وَالمُضْمَرُ
اِثْنَا عَشَرَ: وَهِيَ اَنَا وَنَحْنُ وَاَنْتَ وَاَنْتِ وَاَنْتُمَا وَاَنْتُمْ
وَاَنْتُنَّ وَهُوَ وَهِيَ وَهُمَا وَهُمْ وَهُنَّ.نَحْوُ قَوْلِكَ اَنَا قَائِمٌ
نَحْنُ قَائِمُوْنَ وَمَا اَشْبَهَ ذَلِكَ)
Mubtada itu terrbagi kepada dua bagian, yaitu:
1. Mubtada dhohir seperti pada contoh di atas.
2. Mubtada dlomir (
Mubtada yang dibuat dari isim dlomir atau isim dlomir munfashil marfu' ).
Contoh Mubtada isim dlomir:
هُوَ قَائِمٌ - هُنَّ قَائِمَاتٌ - اَنتُمَا قَائِمَتَانِ
هُمَا قَائِمَانِ - اَنْتَ قَائِمٌ - اَنْتُنَّ قَائِمَاتٌ
هُمْ قَائِمُوْنَ - اَنْتُمَا قَائِمَانِ - اَنَا قَائِمٌ
هِيَ قَائِمِةٌ - اَنْتُمْ قَائِمُوْنَ - نَحْنُ قَائِمُوْنَ
هُمَا قَائِمَتَانِ - اَنْتِ قَائِمَةٌ
e.
Pembagian Khobar
( والخَبَرُ قِسْمَانِ
مُفْرَدٌ وَغَيْرُ مُفْرَدٍ فَالمُفْرَدُ نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ قَائِمٌ.
وَغَيْرُ المُفْرَدِ اَرْبَعَةُ اَشْيَاءَ: الجَارُ وَالمَجْرُوْرُ وَالظَّرْفُ
وَالفِعْلُ مَعَ فَاعِلِهِ وَالمُبْتَدَأُ مَعَ خَبَرِهِ نَحْوُ قَوْلِكَ زَيْدٌ
فِى الدَّارِ وَزَيْدٌ عِنْدَكَ وَزَيْدٌ قَامَ اَبُوْهُ وَزَيْدٌ جَا رِيَتُهُ
ذَاهِبَةٌ ).
Khobar terbagi kepada dua bagian:
1). Khobar Mufrod.
Khobar mufrod adalah:
مَالَيْسَ جُمْلَةً اَوْ
شَبِيْهًا بِالجُمْلَةِ
"Khobar yang
terdiri dari bukan jumlah atau serupa jumlah.
Contoh:
زَيْدٌ قَائِمٌ - الزَيْدَانِ قَائِمَانِ - الزَيْدُوْنَ قَائِمُوْنَ
المَسْجِدُ كَبِيْرٌ - المَدْرَسَةُ كَبِيْرَةٌ - المَسَاجِدُ كَبِيْرَةٌ
2). Khobar jumlah ( khobar ghoer mufrod )
Khobar jumlah adalah:
مَاكَانَ جُمْلَةً
اَوْشَبِيْهًا بِالجُملَةِ
" Khobar yang
terdiri dari jumlah atau serupa jumlah.
Yang dimaksud dengan jumlah ada dua macam:
a. Jumlah Ismiah, yaitu jumlah yang terdiri dari mubtada
dan khobar
b. Jumlah Fi'liyah, yaitu jumlah yang terdiri dari fi'il
dan fa'il.
Yang dimaksud dengan serupa jumlah ada dua macam:
a. yang terdiri dari jar majrur
b. yang terdiri dari dhorof ( baik dhorof makan atau dhorof
zaman ).
- Contoh khobar ghoer
mufrod yang terdiri dari jumlah ismiyyah atau terdiri dari mubtada khobar.
- خَالِدٌ حَبِيْبَتُهُ
جَمِيْلَةٌ -
المَرْئَتَانِ حَبِيْبَتُهُمَا جَمِيْلٌ
- عَائِشَةُ حَبِيْبُهَا
جَمِيْلٌ - الرِجَالُ
حَبِيْبَتُهُمْ جَمِيْلَةٌ
- اللهُ رَحْمَتُهُ
وَاسِعَةٌ
- الرَّجُلاَنِ
حَبِيْبَتُهُمَا جَمِيْلَةٌ -
النِّسَاءُ حَبِيْبُهُنَّ جَمِيْلٌ
- Contoh khobar ghoer mufrod yang terdiri dari jumlah fi'liyyah
atau terdiri dari fi'il fa'il.
زَيْدٌ قَامَ اَبُوْهُ - الزَّيْدَانِ قَامَ
اَبُوْهُمَا -
الزَّيْدُوْنَ قَامَ اَبُوهُم
مَرْيَمُ قَامَ أَبُوْهَا - المَرْيَمَانِ قَامَ
اَبُوْهُمَا - المَرْيَمَاتُ
قَامَ اَبُوهُنَّ
Contoh khobar jumlah yang terdiri dari syibhul jumlah:
- dari jar majrur
السَّمَاكُ فِى المَاءِ - التَّلاَمِيْدُ فِى الفَصْلِ - الثِيَابُ فِى الخِزَانَةِ
- dari dhorof
الأُسْتَاذُ اَمَامَ
المَدْرَسَةِ - مُحَمَّدٌ
عِنْدَكَ - القَلَنْسُوَةُ
تَحْتَ المَكْتَبِ
Catatan:
Di
dalam Khobar ghoer mufrod atau khobar jumlah, harus terdapat dhomir yang
kembali kepada mubtada, dan dhomir tersebut harus sesuai dengan mubtada itu.
Ketentuan ini berlaku apabila khobar ghoer mufrodnya terdiri dari jumlah
ismiyah atau fi'liyah. Dlomir tersebut baik mustatir ( tidak nampak ), atau
bariz ( nampak ). Sedangkan di dalam khobar ghoer mufrod yang terdiri dari serupa
jumlah tidak perlu ada dlomir yang kembali kepada mubtada atau tidak perlu
sesuai, seperti khobar yang terdiri dari isim jamid ( yang terdiri dari mashdar
).
Contoh:
طَلَبُ العِلْمِ فَرِيْضَةٌ
Bagikan
Pengertian dan Contoh Mubtada Khobar
4/
5
Oleh
LM
12 komentar
Tulis komentarMas, saya mau tanya, saya bingung dengan kalimat berikut ini.
Reply1. Muhammadun haadirun. (isim fail)
2. Muhammadun hadara. (fiil madhi)
3. Muhammadun yahduru (fiil mudhari).
Saya bingung bedanya, mana yang dipakai mas?
Mana yang artinya "akan hadir", "telah hadir".
Banyak sekali pola seperti ini, kooimun, dll.
Satu lagi mas, fiil mudhari itu 'kan artinya bisa "akan" atau "sedang".
Misalnya: Makan (akala): ya'kulu.
Kapan artinya "akan makan" dan "sedang makan",
bisa kasih contoh kalimat sederhananya, Mas?.
Syukron.
1. Muhammadun haadirun. (isim fail) = [Muhammad itu Orang yang hadir]
Reply2. Muhammadun hadara. (fiil madhi) = [Muhammad itu telah hadir]
3. Muhammadun yahduru (fiil mudhari) = [Muhammad itu akan hadir]
syukron gann
ReplyMohon penjelasannyabtentang mubtada muakhor dan khobar muqoddam
ReplyIZIN COPAS AKHI ... SYUKRON KTSIRON JIDDAN
Replyهذه سحة جملة kata سحة kedudukannya adala
ReplyJelaskan pengertian mubtada dan khabar secara etimologi maupun terminology
ReplySaya kurang faham dengan Khober syibih jumlah. bisa di contohkan gak??
ReplySy kurang tau ap sja kondisi mubtada dan kondisi khabar
ReplyJadi mubtada'itu sama kayak objek. Lalu khobar adalah kata sifat? Iyakah kak?
Replytks walapupun blm jelas benar
ReplyAfwan bertanya klo haqiibatu/tun man hadziihi ?
ReplyIni bentuk apa ya ? Idhofah atau mubtada khobar ?
Jazaakumullah khoiron