1.
Khofadl / Jar
)وَلِلْخَفْضِ ثَلاَثُ عَلاَمَةٍ الكَسْرَةُ
وَاليَاءُ وَالفَتْحَةُ(
" I'rob
khofadl mempunyai tiga ciri; kasroh, ya, dan
fathah".
Maksudnya :
Tanda atau ciri bagi i'rob khofadl ada tiga
yaitu: kasroh, ya, dan fathah.
a. Kasroh.
)فَاَمّا الكَسْرَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً
لِلْخَفْضِ فِى ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ : فِى الإسْمِ المُفْرَدِ المُنْصَرِفِ
وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ المُنْصَرِفِ وَجَمْعِ المُؤَنَّثِ السَّالِمِ(
"Adapun kasroh, ia menjadi ciri bagi
i'rob khofadl pada tiga tempat; pada isim mufrod yang munshorif, jama taksir
yang munshorif, dan jama muannats salim".
Kasroh menjadi tanda bagi i'rob khofadl pada
tiga tempat; yaitu :
1). Isim mufrod yang munshorif ( yang
menerima tanwin ). Contoh:
- سَلّمْتُ عَلَى الحَبِيْبِ - مَرَرْتُ بِالمُسْلِمِ - رَغِبْتُ فِى مُحَمَّدٍ
2). Jama taksir munshorif (
yang menerima tanwin ). Contoh:
- سَلَّمْتُ عَلَى الطَلَبَةِ - مَرَرْتُ بِرِجَالٍ - رَغِبْتُ فِى نِسَاءٍ
3). Jama muannats salim. Contoh:
- سَلّمْتُ عَلى مُسْلِمَاتٍ - رَغِبْتُ فِى جَمِيْلاَتٍ
b.
Ya ( ي )
)وَاَمَّا اليَاءُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً
لِلْخَفْضِ فِى ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ فِى الأَسْمَاءِ الخَمْسَةِ وَفِى
التَّثْنِيَةِ وَالجَمْعِ(.
"Adapun
ya, maka ia menjadoi ciri bagi i'rob khofadl di dalam tiga tempat; pada isim
lima, isim tasniyah dan jama mudzakar salim".
Maksudnya: ya menjadi ciri bagi i'rob khofadl
di dalam tiga tempat; yaitu:
1). Isim lima. Contoh:
رَغِبْتُ فِى أَبِيْكَ - رَغِبْتُ فِى اَخِيْكَ -
رَغِبْتُ فِى حَمِيْكَ - رَغِبْتُ فِى
فِيْكِ رَغِبْتُ فِى ذِيْ مَالٍ
2). Isim tasniyah. Contoh:
رَغِبْتُ فِى امْرَأَتَيْنِ - سَلَّمْتُ عَلَى
رَجُلَيْنِ
3). Jama mudzakar salim. Contoh:
رَغِبْتُ فِى المُسْلِميْنَ سَلَّمْتُ عَلَى المُؤْمِنِيْنَ
c. Pathah.
)وَاَمَّا الفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً
لِلْخَفْضِ فِى الإِسْمِ الَّذِى لاَ يَنْصَرِفُ(.
"Adapun pathah ia menjadi ciri bagi
i'rob khofadl pada isim yang tidak munshorif ( yang tidak menerima tanwin
)".
Maksudnya:
Fathah menjadi tanda bagi i'rob khofadl pada
isim ghoer munshorif.contoh:
- رَغِبْتُ فِى فَاطِمَةَ - سَلَّمْتُ عَلَى أَحْمَدَ - رَغِبْتُ فِى مَسَاجِدَ
Catatan:
Isim ghoer munshorif ada yang terdiri dari :
A. Dua illat, B. Satu illat
A. Isim ghoer munshorif yang terdiri dari dua
illat sebagai berikut:
1. Dari nama atau isim alam; ada enam:
a.
Ta'nits ( muannats ). Seperti: زَيْنَبُ,
مَرْيَمُ, رُقَيَّةُ
b.
Wazan fi'il. Seperti: أَحْمَدُ,
يَشْكُرُ, يَزِيْدُ
c.
Ujmah( nama yang bukan bahasa arab). Contoh: اِدْرِيْسُ,
اِبْرَاهِيْمُ, اِسْمَاعِيْلُ
d.
Tarkib majzi. Contoh: سِبَوَيْهُ,
بَعْلَبَكَ . Alam tarkib majzi adalah sebuah nama yang
disusun dari dua buah kata yang seakan-akan nama tersebut terdiri dari satu
kata. Contoh yang lain dari nama tempat: Singaparna, Sukahideng. Singaparna terdiri
dari dua kata yaitu kata singa dan parna, sukahideng terdiri dari
Suka dan hideng.
e.
Ada alip dan nun di akhirnya. Contoh: عُثْمَانُ,
سُفْيَانُ, سُلَيْمَانُ, سَلْمَانُ
f.
Ma'dul (nama hasil pindahan). Contoh: عُمَرُ yang berasal dari kata عَامِرُ, أُبَدُ yang berasal dari kata أَبِدٌ.
2.
Dari sifat, ada tiga :
a. Wazan
أَفْعَلُ .Contoh: أَحْمَرُ ( yang merah ), أَبْيَضُ ( yang putih ), اَحْضَرُ ( yang hijau ), أَسْوَدُ ( yang hitam ), أََصْفَرُ (
yang kuning ), أَزْرَقُ (
yang biru ).
b. Wazan
فَعْلاَنُ .
contoh: كَسْلاَنُ
(yang malas), سَكْرَانُ
(yang mabuk), عَطْشَانُ
(yang haus).
c. Ma'dul
(pindahan). Contoh:
-
أُحَادُ - مَثْنَى -
ثُلاَثُ - رُبَاعُ - خُمَاسُ
-
سُدَاسُ - سُبَاعُ - ثُمَانُ - تُسَاعُ - عُشَارُ
Yang berasal dari :
-
وَاحِدٌ - اِثْنَانِ - ثَلاَثَةٌ - اَرْبَعَةٌ - خَمْسَةٌ
-
سِتَّةٌ - سَبْعَةٌ - ثَمَانِيَةٌ - تِسْعَةٌ -
عَشَرَةٌ
B.
Yang terdiri dari satu illat
Yang terdiri dari satu illat ada tiga,
sebagai berikut:
1.
Shighot muntahal jumu. Yaitu setiap isim yang
setelah alip taksirnya ada dua huruf atau tiga huruf yang huruf tengahnya
sukun. Contoh:
مَسَاجِدُ - مَكَاتِبُ -
نَوَاصِرُ - مَصَابِيْحُ - جَوَامِيْسُ
2. Alip
ta'nits maqsuroh. Contoh:
حُبْلَى - كَسْلَى -
عَطْشَى - سَكْرَى - ذِكْرَى -
شَكْوَى
3. Alip
ta'nits mamdudah. Contoh:
صَحْرَاءُ - حَمْرَاءُ - صَفْرَاءُ - عَورَاءُ -
عَرْجَاءُ - بَكْمَاءُ
Bagikan
Ciri-Ciri I'rob Khofadl / Jar dan Contohnya [Ajurumiyah]
4/
5
Oleh
LM