Monday, January 15, 2018

Ciri-Ciri I'rob Nashob' dan Contohnya [Ajurumiyah]

Ciri-Ciri I'rob Nashob' dan Contohnya [Ajurumiyah]


1.      Nashob ( النصب )

)وَلِلنَّصْبِ خَمْسُ عَلاَمَاتٍ الفَتْحَةُ وَالأَلِفُ وَالكَسْرَةُ وَاليَّاءُ وَحَذْفُ النُّوْنِ(.
"I'rob nashob mempunyai lima ciri, yaitu fathah, alip, kasroh, ya,  dan membuang nun".

Maksudnya: I'rob nashab mempunyai 5 ciri: 1). Fathah, 2). Alip, 3). Kasroh, 4). Ya, 5). Membuang nun.


a.     Fathah

)وَاَمَّا الفَتْحَةُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِى ثَلاَثَةِ مَوَاضِعَ فِى الإِسْمِ المُفْرَدِ وَجَمْعِ التَّكْسِيْرِ وَالفِعْلِ المُضَارِعِ إِذَا دَخَلَ عَلَيْهَ نَاصِبٌ وَلَمْ يَتَّصِلْ بِأَخِرِهِ شَيْءٌ(.
"Adapun  fathah, ia menjadi ciri bagi I'rob nashab di dalam tiga tempat; pada isim mufrod, jama taksir dan fi'il mudlori apabila dimasuki salah satu amil nawasib dan di akhirnya tidak bersambung dengan apapun".

Maksudnya:
Fathah menjadi ciri bagi I'rob nashab di dalam  tiga tempat;
1). Isim mufrod. Contoh:
قَرَأْتُ كِتَابًا             - نَصَرْتُ مُسْلِمًا               - أَحْبَبْتُ فَاطِمَةَ
2). Jama taksir. Contoh:
إِشْتَرَيْتُ الكُتُبَ        - اَغْلَقْبُ الأَبْوَابَ              - اَحَبَبْتُ النِّسَاءَ
3). Pi'il mudlori yang telah dimasuki salah satu amil nawasib. Contoh:
هُوَ لَنْ يَعْمَلَ   هِيَ لَنْ تَعْمَلَ   أَنْتَ لَنْ تَعْمَلَ  اَنَا لَنْ اَعْمَلَ    نَحْنُ لَنْ نَعْمَلَ
b.     Alip (ا )
)وَاَمَّا الأَلِفُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِى الأَسْمَاءِ الخَمْسَةِ نَحْوُ رَأَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ وَما اَشْبَهَ ذَلِكَ(.
"Adapun alip, ia menjadi ciri bagi i'rob nashab di dalam isim lima seperti : رَاَيْتُ أَبَاكَ وَأَخَاكَ   dan sebagainya".

Maksudnya: alip menjadi ciri bagi i'rob nashab hanya pada isim lima (الأَسْمَاءُ الخَمسَةِ ). Contoh:
-اَكْرَمْتُ أَبَاكَ         -اَكْرَمْتُ أَخَاكَ         -اَكْرَمْتُ حَمَاكَ -أَحْبَبْتُ فَاكَ   -أَثْنَيْتُ ذَا مَالٍ

c.       Kasroh.
)وَاَمَّا الكَسْرَةُ فَتَكُونُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِى جَمْعِ المُؤَنَّثِ السَّالِمِ(.
"Adapun kasroh, ia menjadi tanda bagi I'rob nashab pada jama muannats salim".
Maksudnya :
Kasroh manjadi tanda bagi I'rob nashab di dalam jama muannats salim ( jama bagi muannats )yaitu:
مَازِيْدَ عَلَى أَخِرِ مُفْرَدِهِ اَلِفٌ وَتَاءٌ
"Jama yang ditambahkan pada akhirnya alip (ا ) dan ta(ت )".
Contoh:
- أَحَبَّ اللهُ المُسْلِمَاتِ         - رَاَيْتُ المُؤْمِنَاتِ               - أَحْبَبْتُ المُجْتَهِدَاتِ
d.    Ya. (ي )
)وَاَمَّا اليَاءُ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِى التَّثْنِيَةِ وَالجَمْعِ(.
"Adapun ya, ia menjadi tanda bagi i'rob nashab pada isim tasniyah dan jama mudzakar salim".

Maksudnya:

"Ya" menjadi tanda bagi I'rob nashab pada dua tempat; isim tasniyah dan jama mudzakar salim.

1). Isim tasniyah. Contoh:
رَاَيْتُ اِمْرَأَتَيْنِ           - أَحْبَبْتُ مُجْتَهِدَيْنِ              - اِشْتَرَيْتُ كِتَابَيْنِ
2). Jama mudzakar salim. Contoh:
اَكْرَمتُ المُؤْْمِنِيْنَ              - اَحْبَبْتُ المُجْتَهِدِيْنَ            - اَرْحَمَ اللهُ المُسْمِلِيْنَ
e.      Membuang nun (حَذْفُ النُّونِ )
)وَاَمَّا حَذْفُ النُّونِ فَتَكُوْنُ عَلاَمَةً لِلنَّصْبِ فِى الأَفْعَالِ الخَمْسَةِ الَّتى رَفْعُهَا بِثَبَاتِِ النُّوْنِ(.
"Adapun membuang nun menjadi ciri bagi i'rob nashab pada piil lima yang rofanya karena tetapnya nun".

Maksudnya :
Membuang nun (حَذْفُ النُّونِ ) menjadi tanda bagi I'rob nashab pada pi'il lima yaitu piil mudlori yang telah bersambung dengan alip tasniyah, wawu jama, dan ya muannatsah mukhotobah. Contoh:
- لَنْ يَفْعَلاَ         - لَنْ تَفْعَلاَ          - لَنْ يَفْعَلُو         - لَنْ تَفْعَلُوْ         - لَنْ تَفْعَلِي
Yang asalnya :
- يَفْعَلاَنِ           - تَفْعَلاَنِ             - يَفْعَلُوْنَ          - تَفْعَلُوْنَ           - تَفْعَلِينَ

Bagikan

Jangan lewatkan

Ciri-Ciri I'rob Nashob' dan Contohnya [Ajurumiyah]
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 komentar:

Tulis komentar
avatar
March 27, 2020 at 12:31 AM

Izin ambil beberapa materinya kak untuk makalah

Reply