Friday, February 17, 2017

Antonim Kata Sifat Dan Artinya Dalam Bahasa Arab

Antonim Kata Sifat Dan Artinya Dalam Bahasa Arab

Antonim Kata Sifat Dan Artinya Dalam Bahasa Arab, Alhamdulillah dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit untuk pelajar MTs tentang Antonim Kata Sifat Dan Artinya Dalam Bahasa Arab, dalam bahasa arab kata sifat terbagi dua yaitu kata sifat untuk laki-laki [Mudzakkar] dan kata sifat untuk perempuan [Muannats], perbedaanya untuk perempuan di akhir kata di tambah Ta Muannats {ة } kalau untuk laki-laki tidak. seperti Contoh kata جَمِيْلَة  Artinya Indah untuk perempuan atau Cantik sedangkan untuk laki-laki menjadi جَمِيْل Artinya Indah untuk laki-laki/Tampan. Contoh dalam kalimat : 
هذِهِ سَاعَة السَّاعَة جَمِيْلَة  Artinya Jam Ini Jam Yang Indah
هَذَا فَصْلِىْ الفَصْل وَاسِع وجَمِيْل  Artinya Kelas ini kelas yang luas dan Indah
Untuk kali ini saya tidak akan panjang menulis kenapa sifatnya pakai Ta Muannats {ة } dan tidak. tapi kali ini kita akan belajar beberapa Antonim Kata Sifat Dan Artinya Dalam Bahasa Arab
مُذَكَّر
صَغِيْرٌ كَبِيْر
Kecil besar
قَرِيْبٌ بَعِيْد
Dekat Jauh
قَصِيْرٌ طَوِيْل
Pendek Panjang
مُتَّسِخٌ نَظِيْف
Kotor Bersih
قَلِيْلٌ كَثِيْر
Sedikit Banyak
قَبِيْحٌ جَمِيْل
Jelek Indah
كَسْلاَنٌ نَشِيْط
Malas Rajin
ضَيِّقٌ وَاسِع
Sempit Luas
جَاهِلٌ مَاهِر
Bodoh Pandai
مُنْخَفِض مُرْتَفِع
Rendah Tinggi

Dalam soal ini buat adik adik pelajar MTs waktu mengisi soal tentang Antonim kata sifat perhatikan kata sebelum kata sifat tersebut contoh dalam kalimat di atas yang pertama pakai ta muannast, karena kata yang sebelumnya juga muannast yaitu السَّاعَة untuk perempuan sedangkan contoh yang kedua untuk laki-laki الفَصْل begitu saja singkatnya, dan dalam menjawab hati-hati jika kata untuk laki laki dijawab dengan kata untuk perempuan seperti kata قَبِيْحٌ [Jelek] dijawab dengan lawan katanya جَمِيْلَة [Indah] walaupun mempunyai arti yang sama Indah. itu juga salah, tapi yang tepat itu dijawab dengan جَمِيْل .Contoh Soal :
هل مَكْتَبَة الْمَدْرَسَة صَغِيْرَة ؟ لا ، هى ...
أ. كَبِيْرَ             ب. كَبِيْرَة           ج. قَرِيْبَة            د. نَظِيْفَة
Nah, dalam jawaban tersebut jawaban yang paling tepat adalah كَبِيْرَة karena lihat kata sebelumnya yaitu هى Dhomir untuk prempuan. bukan كَبِيْرَ karena كَبِيْر untuk laki-laki.
Itulah sedikit pembahasan tentang Antonim Kata Sifat semoga bermanfaat ! dan dapat nilai yang memuaskan!

Bagikan

Jangan lewatkan

Antonim Kata Sifat Dan Artinya Dalam Bahasa Arab
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 komentar

Tulis komentar